Penjelajah Pantai dari Arnhem

Suzuki D500 Tracker besutan Roy Holtman, Belanda. [markmeisner-bikebound]
Roy Holtman dididik sebagai desainer. Suatu kali, beberapa tahun lalu, ia menginginkan sebuah motor trail klasik untuk membawanya ke pantai, tempat ia melakukan hobinya yang lain – berselencar. Artinya, motor itu juga harus bisa menenteng papan selancar di badannya. 

Iapun membuka-buka Deus Customs, laman yang banyak menawarkan gaya hidup vintage era 60-70-an. Thank God! Ia menemukan apa yang diangankannya. 

Dan Suzuki DR500 keluaran 1983 yang dimilikinya segera ia utak-atik. Jadilah DR500 Tracker yang sangar sekaligus lembut, mampu menjelajah pantai berpasir halus seperti digambarkan foto-foto di bawah ini. 


Ada selusin butir modifikasi yang dilakukan Roy. Antara lain, yang cukup kentara, memasang pelek 18 inci pada motor andalannya itu. Sementara system suspensinya masih menggunakan bawaan yang dinilianya lebih mumpuni untuk mengakomodir kenyamanan berendara. 

Suzuki D500 standar, 1981. [pinterest-davidmcmaster]

Selain itu, bagian tangki pun ia bedah. Sehingga ada sekat antara jok dengan tangki. Mau tak mau, dudukan tangki diganti dengan dudukan baru dengan tali karet, karena mounting bracket asli tak mengakomodir perubahan itu. Tangki oval ini ia lumuri dengan cat khusus yang memadukan warna putih dan silver pada bagian center.

Detail D500 Tracker Ror Holtman. [markmeisner-bikebound]

Lampu depan menggunakan lampu kuning bulat minimalis. Fender bagian depan dan belakang memakai material stainless steel. Twinair filter udara dibuat terbuka dilengkapi dengan penutup debu halus. Sementara, mesin pun kena overhaul. Bagian knalpot tak lupa dia bebat dengan pembungkus panas dan shortend off-road BSM muffler old-skool. 

Hal lain yang membuat motor trail andalan era 80-an ini menonjol, sekaligus sangat Roy, adalah tempat penyimpanan papan selancar di bagian kiri motor. Roy memberikan dudukan khusus yang dikait pada pagian pedal injakan depan dan belakang.



Dan juga harus diketahui: Modifikasi DR500 ini menjadi akhir karir Roy sebagai hobbyist. Setelah itu ia menekuni karis custom motor secara profesional. Yakni dengan membuka RH Motorcycles di Arnhem, Belanda, sana.
Angle lain Suzuki DR500 Tracker Roy Holtman. [pinterest-borjasigno]

No comments

Powered by Blogger.